Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ingin Kulit Sehat dan Tampak Awet Muda? Diet Vegetarian Saja!

Memiliki kesehatan yang prima dengan kondisi kesehatan kulit yang baik serta terbebas dari penyakit kulit menjadi indikasi bahwa Anda sudah menjalankan gaya hidup sehat. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat berisiko mengurangi jumlah kolagen dalam tubuh.[1] Jika kolagen dalam tubuh mulai berkurang, maka elastisitas kulit akan menurun dan membuat kulit mudah keriput serta mengalami gangguan penyakit kulit lainnya.

Kondisi kulit sehat dan tampak awet muda bisa diperoleh dengan cara melakukan diet vegetarian. Diet vegetarian merupakan salah satu langkah diet sehat dengan hanya mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari tanaman. Mengapa diet vegetarian ampuh untuk membuat kulit jadi lebih sehat?

Kaitan Antara Masalah Kulit dan Produk Makanan Hewani

Kandungan protein hewani yang berlebihan pada makanan cepat saji berpotensi menimbulkan jerawat. Para peneliti menganjurkan agar membatasi asupan asam amino leucine yang terkandung dalam daging untuk meminimalkan timbulnya jerawat.[2] Studi lainnya menyatakan kalau susu pun turut menjadi pemicu masalah bagi kesehatan kulit. Pasalnya, susu adalah produk yang dihasilkan oleh sapi hamil yang memiliki kadar hormon tinggi.[3] Hal tersebut bisa memicu timbulnya jerawat dan minyak berlebih pada kulit. Terutama bagi orang-orang yang memiliki sensitivitas kulit yang tinggi.

Kandungan Air pada Buah dan Sayur

Kandungan air pada buah dan sayur akan membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat kulit menjadi lebih lembap, tak mudah keriput, dan tampak berseri. Jenis buah-buahan seperti mentimun, semangka, dan melon menjadi beberapa sumber asupan cairan yang baik bagi tubuh dan kulit.[4]

Buah dan Sayur Kaya Vitamin C


Vitamin C adalah jenis nutrisi yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh serta produksi kolagen. Vitamin C juga merupakan sumber antioksidan terbaik yang dapat mengatasi kerusakan kulit dan mengatasi keriput.[5] Memperoleh asupan vitamin C dari buah dan sayur, seperti stroberi, jeruk, lemon, kubis dan kembang kol dapat menjadi solusi mendapatkan kulit sehat.[6]

Selain melakukan tips di atas, mengonsumsi protein juga penting saat melakukan diet vegetarian untuk menjaga Anda tetap merasa kenyang tanpa khawatir akan lemak jenuh dan lemak trans. Pastikan Anda mengonsumsi jenis makanan yang kaya protein, seperti kacang-kacangan, dengan porsi yang cukup. Namun, tidak semua cara diet sesuai untuk setiap orang. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai tips di atas, Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. Apakah Anda sudah menjalani pola hidup sehat dengan baik selama ini? Segera cari tahu tentang kualitas kesehatan Anda dengan mengakses kalkulator kesehatan di sini.

 


[1] youbeauty.com

[2]food.detik.com

[3]youbeauty.com

[4]food.detik.com

[5] peta.org

[6]youbeauty.com