Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Investasi Sapi untuk Qurban, ini Tujuannya

Tujuan Menyembelih Hewan Qurban

Yang dimaksud dengan hewan khusus adalah hewan yang diterima menurut syariat agama Islam, seperti domba, kambing, sapi, dan unta. Ritual ini lantas menjadi wajib dilakukan untuk mendapatkan amal baik (pahala) untuk akhirat.
Terdapat beberapa syarat hewan yang boleh di-qurbankan, di antaranya: 
 
  1. Hewan sembelihan adalah hewan ternak seperti onta, sapi, dan kambing maupun domba, baik jantan maupun betina, dengan berbagai jenisnya. 
  2. Tidak cacat secara fisik dan tidak sakit. Tidak diperbolehkan hewan yang sangat kurus, sakit, pincang, dan cacat bagian tubuhnya. Namun diperbolehkan hewan yang hanya cacat tanduknya dan hewan yang dikebiri.
  3. Mencapai usia yang ditentukan:
  • Onta harus genap berusia 5 tahun.
  • Sapi berusia 2 tahun.
  • Domba atau kambing berbulu tebal berusia 1 tahun atau sudah tanggal giginya.
  • Kambing berusia 2 tahun atau sudah tanggal giginya.
 
Dengan syarat-syarat di atas, bukanlah mudah mencari hewan yang sesuai untuk qurban pada Hari Raya Idul Adha. Terlebih, daging sapi merupakan komoditas yang kerap menjadi permainan bisnis kalangan pelaku usaha. Sehingga praktik monopoli bisa saja terjadi di pasar hewan ternak.
 

Investasi Sapi Dengan Tujuan Qurban

Usaha penjualan sapi qurban menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena permintaan yang selalu ada setiap tahunnya dan adanya kecenderungan peningkatan permintaan hewan qurban dengan meningkatnya perekonomian.
 
Bisnis daging sapi ataupun peternakan sapi adalah bisnis yang sangat menggiurkan di Indonesia. Permintaan daging sapi yang sangat besar membuat sejumlah pelaku usaha rela menanamkan investasi di bisnis sapi hingga miliaran rupiah.
 
Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi sapi, ketahuilah bahwa bisnis ini mampu memberikan return yang menarik. Selain dapat dipergunakan untuk qurban, dana investasi sapi ini dapat ikut mendukung swasembada pangan khususnya susu sapi segar, daging sapi lokal, dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
 
 
Asumsikan bahwa pembelian sapi dengan bobot 300 kilogram rata-rata seharga Rp40 ribu per kilogram. Selama pemeliharaan, bobot sapi tersebut akan naik menjadi rata-rata 325 kilo, sehingga harga penjualan sapi akan berada pada pada kisaran Rp 48 ribu per kilogram
 
Saat sapi terjual sebanyak 900 ekor dan 100 ekor sapi yang tersisa memiliki berat rata-rata 325 kilo dapat terjual dengan harga Rp37 ribu, persen keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi penjualan sapi ini sejumlah 13%.
 

Tujuan Qurban dilihat Dari Segi Investasi


Berkurban memiliki makna yang dalam untuk mengajarkan setiap umat untuk rela mengorbankan apa yang dimilikinya. Ibadah ini memiliki manfaat bagi kehidupan personal maupun bagi lingkungan sosial. Berikut tujuan qurban yang ditinjau dari berbagai pendekatan.
 

1. Tujuan Qurban Bagi Investasi Diri:

  • Memupuk Rasa Empati
Hikmah di balik berkurban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Anda yang selama ini memiliki kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian uangnya untuk daging qurban dan kemudian dagingnya akan dikonsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan.
 
  • Melatih Diri untuk Menjadi Dermawan
Seseorang yang menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan. Untuk bisa menjadi dermawan perlu dilatih terus-menerus. Apabila Anda sudah sering bersedekah harta mungkin bisa ditingkatkan dengan berqurban di waktu Hari Raya Idul Adha.
 
  • Rezeki Kita Menjadi Berkah
Saat kita berkurban menjadi salah satu upaya untuk menjadikan apa yang selama ini kita kumpulkan, harta benda yang kita miliki menjadi berkah dengan menggunakannya untuk ibadah. Qurban juga dipercaya akan membuang sifat serakah yang ada di dalam diri dengan ikhlas.
 

2. Tujuan Qurban Bagi Orang Lain

  • Mencukupi Kebutuhan Gizi Kaum Kecil
Dari tinjauan kesehatan, qurban bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Mengingat kebutuhan gizi rakyat indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mampu merasakan manfaat daging.
 
Oleh karena itu, saat Anda berinvestasi di hari raya qurban, maka manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari manfaat daging sapi dan kambing.
 
  • Memakmurkan Masjid
Qurban kebanyakan dilakukan di masjid. Saat hari raya kurban pasti setiap masjid melakukan kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban. Memakmurkan masjid adalah salah satu investasi yang dapat dilakukan umat islam, karena banyak orang yang melakukan ibadah mulai dari shalat ied bersama hingga proses penyembelihan.
 
  • Menjaga Budidaya Hewan Ternak
Ini adalah manfaat lain yang bisa didapatkan untuk meningkatkan aspek pertanian negara kita. Dengan adanya ibadah qurban, maka harus ada hewan yang disembelih, peranan para peternak hewan seperti sapi, kambing, dan domba di Indonesia akan sangat penting dalam membantu terlaksananya kegiatan kurban ini.