Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Anda Seorang Vegetarian? Simak 5 Tips Puasa Ala Vegetarian!

Saat puasa, biasanya vegetarian memiliki pola makan dan menu tersendiri. Vegetarian ini merupakan orang-orang yang hanya memakan sayuran sebagai hidangan mereka. Meskipun tidak mengonsumsi daging, mereka masih tetap bugar dan bertenaga selama berpuasa seharian penuh.
 
Apakah Anda seorang vegetarian? Anda ingin tips sehat saat puasa meskipun vegetarian? Agar puasa berjalan dengan lancar dan badan tetap fit, simak 5 tips puasa ala vegetarian berikut.
 

1. Konsumsi Sayuran Saat Sahur

Makanan yang berserat harus diperbanyak dan diimbangi dengan makanan yang mengandung gizi. Bagi vegetarian, ada baiknya Anda mengonsumsi serat secara berimbang saat sahur. Cobalah memakan buah atau makanan ringan lain sebelum makan berat. Kemudian, beberapa lama barulah makan besar.

2. Minum Air Putih

Konsumsi air putih yang banyak akan membantu memulihkan kondisi tubuh yang dehidrasi setelah beraktivitas sepanjang hari. Vegetarian juga perlu memastikan air putih yang dikonsumsi saat sahur cukup. Ini untuk menjaga tubuh agar tidak kepanasan saat berada di luar ruangan atau di tempat yang berpendingin.

3. Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh semua orang agar kesehatan tetap terjaga. Olahraga ini membantu agar badan lebih fit dan berenergi. Pilihlah aktivitas olahraga dengan level ringan seperti jogging atau senam. Agar tidak memicu terjadinya dehidrasi atau kelelahan.
 
 

4. Asupan Suplemen Vitamin


Vegetarian juga dianjurkan menjaga asupan suplemen vitamin. Suplemen ini dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi yang mungkin tidak dapat terpenuhi dengan baik saat puasa. Apalagi bagi seorang vegetarian yang tidak mengonsumsi protein hewani butuh pemenuhan suplemen seperti zat besi, Vit B12, dan suplemen amino acid. Kedua vitamin dan suplemen tersebut membantu para vegetarian memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh mereka sebab mereka tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang diambil dari hewan. 

5. Susu Berprotein Non Hewani

Selain asupan buah, sayur, dan suplemen, seorang vegetarian membutuhkan susu untuk menjaga ketahanan fisiknya. Minuman yang satu ini baiknya dikonsumsi saat sahur. Anda juga bisa menambahkan madu, keju, atau telur untuk dikonsumsi, tergantung jenis vegetarian yang Anda ikuti.
 
Vegetarian yang menghindari susu berprotein hewani dapat dianjurkan meminum susu kedelai. Susu kedelai ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik bagi tubuh Anda.
 
Dengan melakukan 5 tips ini, vegetarian tetap dapat melaksanakan puasa dengan baik. Meskipun menu makanan tidak mengandung daging atau produk hewani, tapi kesehatan badan mereka akan tetap terjaga.
 
Vegetarian tetap bisa mendapatkan asupan protein dan zat lain yang dibutuhkan dari produk nabati. 5 Tips di atas efektif bagi aktivitas berpuasa Si Vegetarian.