Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Cepat Menabung Untuk Dana Pensiun Dini

Mengatur Rencana Persiapan Pensiun Dini 

Bagi sebagian orang, masa pensiun bisa dipersiapkan setelah masa tua. Padahal, menyiapkan dana pensiun dini dari sekarang mungkin akan lebih teratur dan terstruktur. Anda tidak akan merasa terburu-buru dalam menyiapkan dana pensiun.
Dana pensiun seharusnya dapat menjamin hidup Anda selepas masa produktif. Selain itu, dana pensiun juga diharapkan dapat menjadi sarana penghimpunan dana guna meningkatkan taraf hidup di masa tua, selain dari bisnis dan investasi yang telah Anda miliki selama ini.
 

Tips Cepat Mengumpulkan Dana Pensiun Dini

Apakah Anda berniat menabung untuk dana pensiun? Berikut cara cepat sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini! 

1. Sisihkan 5-10% dari Gaji untuk Menabung

Saat menyiapkan dana pensiun dini, agar tidak memberatkan masa tua, Anda perlu menyisihkannya dari gaji. Sisihkanlah 5-10% dari gaji, sehingga Anda bisa mengumpulkannya dalam jumlah yang tetap untuk kemudian ditabung.
 
Selain itu, Anda perlu konsekuen dan teratur dalam melakukan proses menabung. Saat Anda tidak melakukan hal ini secara teratur, jangan heran jika dana yang terkumpul tidak dapat cepat terkumpul jelas jumlahnya.
 
Anda juga bisa melakukan peningkatan jumlah tabungan secara berkala. Misalnya selama 3 bulan pertama Anda menyisihkan 5% dari gaji, kemudian di 3 bulan selanjutnya Anda menyisihkan 10% dari gaji. Ini tentu akan memberikan manfaat yang lebih di masa mendatang.
 

2. Buatlah Catatan Manual Pemasukan Dana

Mengumpulkan dana pensiun dengan menyisihkan gaji terkadang tidak cukup transparan dan akan membingungkan apabila Anda tidak mengetahui dari mana saja dana pensiun yang Anda kumpulkan berasal.
 
Untuk itu, Anda perlu membuat catatan dan manajemen yang baik. Buatlah catatan setiap bulannya nominal yang Anda sisihkan untuk dana pensiun Anda. Mengumpulkan dana pensiun dini memang alternatif baik karena akan memberikan manfaat besar di masa depan.
 
 

3. Buatlah Rekening Khusus Alokasi Gaji untuk Dana Pensiun


Cara cepat sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini lainnya adalah membuat rekening khusus dana pensiun. Ini penting. Apabila Anda menabung di rekening yang sama dengan pengeluaran bulanan yang cenderung fluktuatif maka dana tidak bisa diatur dengan baik.
 
Saat Anda membuat rekening khusus, manajemen keuangan Anda akan lebih teratur. Hal paling penting adalah menghindarkan dana pensiun dari kemungkinan terpakai atau terselip sehingga jumlahnya berkurang dari persentase yang telah ditetapkan sebelumnya.
 

4. Lakukan Penghematan Bulanan

Meskipun Anda menyisihkan gaji sebagai dana pensiun dini, Anda tetap harus melakukan penghematan dalam pengeluaran sehari-hari ataupun bulanan. Karena dengan teknik ini Anda bisa memiliki dana lebih untuk ditambahkan ke dalam tabungan pensiun.
 
Bahkan, Anda bisa menggunakan kelebihan ini sebagai dana darurat untuk masa depan. Melakukan penghematan ini merupakan salah satu cara efektif dan cepat sisihkan gaji untuk dana pensiun yang telah Anda rencanakan.
 

5. Disiplin Saat Melunasi Cicilan dan Hutang

Selain menyisihkan gaji dengan konsekuen, Anda juga perlu menerapkan disiplin saat melunasi cicilan dan hutang yang Anda miliki. Hal ini wajib dilakukan agar Anda bisa lebih fokus dalam mengumpulkan dana pensiun.
 
Melunasi cicilan dan hutang juga dapat mengurangi beban finansial Anda secara signifikan. Apabila cicilan dan hutang telah tertutupi dan lunas terbayar, Anda pun akan lebih tenang saat menimbun pundi-pundi uang untuk dana pensiun Anda kelak.
 
Lakukan kelima cara cepat di atas untuk sisihkan gaji sebagai dana pensiun dini Anda kelak. Secara tidak langsung, Anda akan dapatkan keuntungan di masa depan yang akan memudahkan Anda setelah memasuki masa pensiun nanti.
Melakukan kelima cara ini membutuhkan kedisiplinan dan manajemen yang baik. Jadi, sudahkah Anda menyisihkan gaji untuk dana pensiun dini Anda? Tunggu apa lagi, segera atur dan tentukan banyak dana yang hendak Anda sisihkan sekarang juga.