Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Kenali Penyebab Kanker Payudara, Hindari Sedari Dini

Memang penyebab pasti kanker masih berada di wilayah abu-abu, artinya belum bisa diketahui dengan pasti. Beberapa ahli mengatakan bahwa penyebab kanker adalah multifaktor.
 
Berkaitan dengan kanker payudara, setelah melalui berbagai para ahli kesehatan sepakat bahwa kanker payudara bisa disebabkan oleh empat faktor besar ini. Tentu saja, ada kemungkinan faktor lain di luar empat hal tersebut yang bisa memicu terjadinya kanker payudara. Namun dengan memperhatikan empat faktor penyebab kanker payudara ini, Anda bisa tahu cara jitu untuk menghindari kanker payudara.
 
MILIKI DAN LINDUNGI DIRI DARI KANKER PAYUDARA: Asuransi Kesehatan Terbaik
 

Berat Badan Memengaruhi Risiko Kanker Payudara

Inilah yang disetujui oleh banyak dokter: Berat badan ideal menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, terlalu banyak makan dapat meningkatkan peluang kanker payudara 30-60%, menurut Carolyn Aldige dari Prevent Cancer Foundation
 
Yang perlu Anda waspadai adalah lemak perut. Ini karena sel-sel lemak tak bersifat diam, mereka melepas kelebihan estrogen, kata Karen M. Basen-Enquist, Ph.D., M.P.H. dari University of Texas MD Anderson Cancer Center yang dikutip dari majalah Women’s Health Indonesia, semakin banyak sel lemak yang Anda miliki, semakin banyak estrogen yang mengalir di tubuh Anda. Dan semakin banyak dan bebasnya estrogen yang mengalir, berarti makin tinggi risiko Anda terkena kanker payudara.
 
 

1. Peran Besar Faktor Genetik pada Kanker Payudara


Anda memang tidak bisa memilih siapa yang akan jadi keluarga Anda. Begitu pun Anda tidak bisa memilih ibu, nenek, atau tante Anda. Sayangnya, salah satu penyebab kanker payudara adalah faktor genetik. Artinya, bila dalam keluarga Anda ada yang terkena kanker payudara, maka risiko Anda untuk terkena hal sama juga besar. Risiko tersebut makin besar bila yang terkena memiliki hubungan darah yang sangat dekat dan terjadi pada usia muda.
 
Lima sampai sepuluh persen kanker payudara bersifat diturunkan. Mereka bisa lebih agresif dibanding tipe yang tidak diturunkan. Bila salah satu keluarga Anda ada yang terkena kanker payudara, jangan patah semangat. Anda tetap punya pilihan untuk menghindari kanker payudara.
 

2. Stres Disukai Kanker Payudara

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Namun sebaiknya Anda selau mencari cara untuk memanajemen stres, karena stres jangka panjang membuat peluang besar bagi kanker payudara untuk muncul. Stres memicu hormon yang menyuburkan pertumbuhan tumor. Menjadikan tubuh Anda terus menerus dalam keadaan inflamasi.
 
Kabar buruk lain, stres kronis dapat meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran salah satu bentuk kanker payudara paling mematikan. Kanker payudara yang disebut “triple negative” tersebut terbukti tidak bisa disembuhkan.
 

3. Terapi Hormon Memicu Kanker Payudara

Terapi pergantian hormon (HRT) sering disebut-sebut meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Diperkirakan akan ada 19 kasus kanker payudara untuk setiap 1.000 wanita yang menggunakan kombinasi HRT selama 10 tahun. Risiko kanker payudara akan semakin meningkat seiring makin lamanya pemakaian HRT.