Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Manfaat Donor Darah: Membakar Kalori adalah Salah Satunya

Banyak orang yang khawatir menjadi gemuk jika sering-sering melakukan donor darah. Faktanya, orang yang rutin donor darah minimal 3 bulan sekali, justru bisa mendapatkan tubuh yang sehat, langsing, dan ideal. Karena dengan donor darah Anda sudah membakar kalori berlebih di tubuh.
 
Menurut hasil penelitian University of California, San Diego, dari setiap 500ml darah yang didonorkan, maka seseorang berpotensi membakar hingga 650 kalori. Jumlah ini setara dengan jumlah kalori yang dibakar jika Anda bersepeda dengan kecepatan sedang selama 60 menit.
 
Dengan jumlah tersebut, pendonor akan kehilangan berat badannya dalam jumlah tertentu. Jadi tak benar jika dengan mendonorkan darahnya, seseorang akan mengalami kegemukan. 
 
 

Inilah Manfaat Donor Darah:

 

1. Regenerasi Sel Darah

Saat darah dikurangi untuk kegiatan donor, berarti Anda memberikan kesempatan terhadap pembentukkan sel darah baru. Artinya, dengan donor Anda sudah bisa mengganti darah lama dengan darah baru. 
 

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Proses pembentukan sel darah baru juga bisa membuat zat besi menjadi lebih stabil. Sehingga bisa membuat jantung lebih sehat dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Perlu Anda ketahui jika sel darah merah di dalam darah megandung hemoglobin yang berasal dari zat besi. Fungsi hemoglobin adalah untuk mengikat oksigen.
 
Setiap orang memiliki kebutuhan zat besi yang berbeda. Bergantung pada jenis kelamin dan usianya. Untuk pria dewasa, zat besi yang dibutuhkan berkisar 8,5mg/hari. Sementara untuk wanita dewasa sekitar 18,9mg/hari. Kebutuhan tersebut bisa didapatkan lewat makanan hayati (zat besi non heme) dan hewani (zat besi heme). 
 
Zat besi heme seperti dari daging, memiliki sifat mudah diserap. Jika terlalu banyak dikonsumsi maka akan menyebabkan penumpukan di dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung. 
 

3. Menghindari Penumpukan Zat Besi


Penumpukan zat besi berisiko meningkatkan oksidasi kolesterol yang mengendap di dinding pembuluh darah. Dalam kurun waktu lama, oksidasi ini bisa menimbulkan plak di pembuluh darah dan menjadi pemicu penyakit jantung. Melalui donor darah secara rutin 3 sampai 6 bulan sekali, Anda bisa menghindari terjadinya penumpukan tersebut. 
 

4. Aliran Darah Lebih Cepat

Beberapa penelitian menyebut jika melakukan donor darah secara rutin mampu mempercepat aliran darah dan mengurangi risiko serangan jantung hingga 1/3 kali, terutama sekali pada pria. 
 

5. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian juga menyebut jika donor darah secara rutin bisa mencegah seseorang terserang kanker. Seperti kanker hati, paru-paru, lambung, hingga kanker tenggorokan. Manfaat lainnya adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan mampu menenangkan pikiran.
 

6. Analisis Darah Gratis

Dengan mendonorkan darahnya, Anda memiliki kesempatan gratis untuk menganalis kesehatan darah secara rutin. Karena sebelum dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi pendonor, petugas donor biasanya akan mengambil sampel darah Anda untuk dianalisa.
 
Jadi, ayo mulai donor darah sekarang!