Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Berjualan Mobil Bekas Cepat Laku

Ingin jual mobil, tapi kok lama lakunya. Banyak dari Anda yang mungkin mengalami hal serupa. Untuk itu, perlu trik dalam berjualan mobil bekas agar dilirik oleh pembeli, cepat laku, dan tentunya sesuai dengan harga yang Anda inginkan. 
 
Apalagi jika Anda ingin berjualan mobil bekas secara online. Pastikan Anda memiliki foto mobil dari beberapa angle dan pastikan resolusi serta kualitas foto tersebut baik. Selain itu, ketika berjualan mobil bekas dan ingin cepat laku dengan harga yang sesuai, perhatikanlah poin berikut. 
 

1. Periksa Semua Kondisi

Tips berjualan mobil bekas yang pertama adalah Anda harus memeriksa kembali kondisi dari kendaraan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kerusakan atau kekurangan yang terlewatkan, cobalah untuk memulai memeriksa kendaraan dimulai dari mesin, cat mobil, kinerja mobil, kaca, dan kondisi lainnya. 
 
Apabila memang ada hal yang perlu diganti, maka gantilah terlebih dahulu sebelum Anda menjualnya. Jangan pernah berpikir untuk menunda, apalagi mengandalkan si pembeli yang akan memperbaikinya. Dengan memperbaiki kerusakan pada kendaraan Anda, ini membuat konsumen atau calon pembeli merasa senang dan akhirnya keuntungan Anda adalah bisa mematok harga yang tinggi. 
 

2. Lengkapi Surat-surat

Tips berjualan mobil bekas yang kedua adalah lengkapi surat-surat kendaraan Anda, seperti BPKB dan STNK. Jika saat ini mobil yang ingin Anda jual tidak memiliki kelengkapan surat-surat yang lengkap, sebaiknya Anda harus mengurungkan niat ini terlebih dahulu. 
 
Menjual mobil bekas tanpa dilengkapi dengan surat-surat yang jelas ini hanya akan menimbulkan citra negatif pada Anda, selain itu juga harga mobil bekas yang Anda jual akan mengalami penurunan harga yang sangat drastis.
 
Untuk itu, sebaiknya lengkapilah surat-surat terlebih dahulu. Tidak apa-apa mengorbankan sejumlah uang untuk mengurusnya. Setelah surat-surat lengkap, barulah jual mobil tersebut.
 

3. Ketahui Harga Pasaran


Tips berjualan mobil bekas yang ketiga yaitu ketahui harga pasaran, ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu mengenai harga pasaran dari mobil yang akan Anda jual. Cara untuk mengetahui harga pasaran mobil, bisa Anda lakukan melalui internet, koran, majalah, bertanya dengan teman, atau dengan cara lainnya. Cara ini sangat berguna agar Anda tidak mematok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. 
 
 

4. Tentukan Metode Penjualan

Tips berjualan mobil bekas yang keempat adalah Anda harus bisa menentukan metode penjualan yang akan Anda gunakan. Saat ini banyak situs-situs yang menyediakan tempat berpromosi untuk menjual kendaraan secara gratis, pasanglah iklan penjualan mobil bekas yang akan Anda jual. 
 
Menjual mobil secara online akan memberikan Anda lebih banyak keuntungan, dari segi waktu dan biaya yang Anda keluarkan, dan metode ini terbilang cukup praktis. Tetapi, selain menjual mobil bekas Anda melalui online. Anda juga bisa melakukan metode penitipan mobil di dealer terdekat yang ada didekat rumah Anda. 
 

5. Jaga Kebersihan Mobil

Tips berjualan mobil bekas yang terakhir ialah jaga kebersihan mobil, siapa yang mau membeli mobil bekas dalam kondisi kotor. Tentunya tidak akan ada yang mau membeli mobil dalam keadaan kotor, sebagus apapun merk mobil yang akan Anda jual jika kondisi mobil Anda kotor pasti jarang ada orang yang melirik mobil Anda itu. 
 
Bersihkan terlebih dahulu mobil yang akan Anda jual itu, orang akan melihat dari segi penampilannya terlebih dahulu. Kebersihan mobil akan memberikan kesan bersih dan baru, meskipun mobil yang Anda jual itu memiliki tahun yang sudah tua. Satu yang harus di garis bawahi oleh Anda adalah semua orang yang membeli mobil bekas, selalu memilih bodi mobil yang bersih seperti terlihat baru.