Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Waspada 7 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Agar Tidak Usus Buntu!

Jenis Makanan Penyebab Usus Buntu

Apakah Anda pernah menderita penyakit usus buntu? Atau Anda takut terserang penyakit usus buntu? Usus buntu merupakan organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung di usus besar.
 
Jika mengalami pembengkakan dan peradangan, penyakit usus buntu atau apendisitis dapat menyebabkan komplikasi serius. Untuk menghindarinya atau mengurangi komplikasi, maka Anda perlu mengetahui jenis makanan penyebab usus buntu tersebut.
Apa saja? Ini 7 jenis makanan penyebab usus buntu!
 

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng biasanya memang nikmat, namun sayangnya harus dihindari. Jenis makanan penyebab usus buntu ini merupakan salah satu yang harus dihindari karena prosesnya digoreng.
 
Sebenarnya, makanan yang digoreng memang berbahaya bagi kesehatan kita, tidak hanya berbahaya bagi usus buntu. Makanan yang diproses dengan cara digoreng mengandung zat yang bernama karsinoksigen, yang menjadi pemicu kanker dan sel perusak dalam tubuh manusia.
 

2. Daging Instan

Daging instan biasanya menggunakan bahan pengawet dan bahan perasa buatan yang akan meningkatkan kadar karsinoksigen dalam tubuh. Makanan penyebab usus buntu ini sangat berbahaya bagi organ hati namun sayangnya sangat disukai oleh banyak orang.
 
Daging instan yang dijual banyak di pasaran berbentuk seperti kornet ataupun sosis olahan yang mengandung pengawet. Biasanya, daging ini diolah secara instan bersama dengan bahan makanan lain yang tidak kita ketahui. Faktor inilah yang membuat makanan ini menyebabkan usus buntu.
 
 

3. Daging Unggas

Jenis makanan penyebab usus buntu lainnya adalah daging unggas yang telah disuntik dengan vaksin. Karena, daging unggas yang beredar di pasaran pada dasarnya masih berada dalam masa pertumbuhan atau masih belum cukup umur untuk dikonsumsi.
 
Akan tetapi, karena canggihnya teknologi, unggas yang belum cukup umur tersebut dapat berubah menjadi lebih besar dari segi fisiknya. Hal ini terjadi karena suntik vaksin yang diberikan pada unggas tersebut.
 

4. Makanan yang Dibakar Langsung


Anda suka makan sate atau makanan bakar lain? Hati-hati, teknik ini bisa jadi membuat makanan penyebab usus buntu bagi tubuh. Makanan yang dibakar langsung di atas arang tentunya akan membawa zat kimia yang terus menempel pada makanan tersebut.
 
Meskipun dikatakan makanan yang diproses dengan suhu tertentu dapat membunuh bakteri, akan tetapi debu arang yang menempel pada makanan juga sangat berbahaya sehingga bisa juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti usus buntu.
 
Biasanya, setelah makan, usus Anda akan merasa perih karena menerima makanan yang terdapat debu arangnya. Itulah mengapa makanan yang dibakar langsung menggunakan arang ini juga harus dihindari.
 

5. Makanan Mengandung Vetsin dan Kandungan Garam Tinggi

Saat terlalu sibuk, seringkali Anda makan makanan seperti mie instan yang mengandung banyak penyedap rasa dan bumbu instan lainnya. Selain menjadi makanan penyebab usus buntu, makanan-makanan cepat saji ini cenderung memicu munculnya kanker ganas.
 
Kandungan garam yang tinggi bisa membuat lambung Anda menjadi iritasi. Sementara banyaknya jumlah vetsin dan penyedap yang terdapat dalam makanan ini juga diduga dapat mendatangkan penyakit lain di luar dari yang telah disebutkan di atas.
 
 

6. Makanan Pedas

Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab usus buntu. Makanan pedas bersifat panas yang berasal dari cabe, bawang, dan bahan-bahan lain yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat membuat usus terasa perih.
 
Makanan ini juga akan membuat Anda menjadi diare jika terlalu sering dan terus-terusan dikonsumsi. Hati-hati, orang yang terkena diare juga rentan mengalami dehidrasi. Coba penuhi asupan cairan Anda sebanyak delapan gelas sehari setiap harinya.
 

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung kadar kolesterol tinggi. Makanan penyebab usus buntu ini juga mengandung bahan kimia dan bahan pengawet berbahaya jika dikonsumsi terus menerus selama beberapa waktu.
 
Bahkan, makanan cepat saji ini seringkali mengandung bakteri yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Oleh karena itu, jenis makanan yang satu ini pun perlu dihindari oleh Anda.
 
Selain menghindari 7 jenis makanan penyebab usus buntu di atas, untuk selalu menjaga kesehatan, Anda juga harus perhatikan pola makan dengan baik. Jangan menunda lapar terlalu lama dan jagalah kebersihan lingkungan serta makanan yang hendak Anda konsumsi.