Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Waspada Kanker Prostat di Usia Muda

Banyak yang menduga bahwa kanker prostat adalah masalah umum yang hanya menyerang pria usia 50 tahun ke atas. Sehingga mereka yang lebih muda menganggapnya tak penting untuk memerhatikan risiko tersebut.
 
Padahal, timbulnya kanker prostat di usia senja bisa dipicu dari pola hidup tak sehat yang dilakukan para pria tersebut saat muda. Sebuah penelitian di Inggris menemukan hubungan yang menarik antara aktivitas onani dan seks yang dilakukan oleh pria berusia 20 hingga 30-an dengan risiko kanker prostat.
 
Penelitian tersebut mengambil responden 400 pria yang sudah mengalami kanker prostat sebelum usia 60. Hasilnya, mereka yang aktif melakukan hubungan seks di usia 20 hingga 30-an, memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat. Sementara mereka yang gemar melakukan masturbasi atau onani justru memiliki risiko terkena kanker prostat lebih besar lagi.  
 
 
Inilah dua penyebab kanker prostat di usia muda yang wajib Anda ketahui: 
 

1. Kanker Prostat dan Hormon Testoteron

Setiap pria, normalnya, memiliki kadar hormon testoteron antara 270-1070 nanogram per desiliter (ng/dL). Kadar rata-rata yang dimiliki berkisar antara 400-600ng/dL. Hormon ini akan terus meningkat kadarnya seiring dengan menuju masa puber dan akan mencapai puncak pada usia 20-an. Pada usia ini gairah seks pria biasanya akan meningkat.
 
Melewati usia 30-an, kadar tersebut akan menurun hingga rata-rata satu persen per tahun. Semakin tua usia seorang pria maka kadar hormon testoteronnya akan semakin berkurang. Rata-rata kadar hormon normal untuk pria di atas usia 50 tahun adalah 300-450 ng/dL. Jika kurang dari kadar minimal tersebut, maka risiko terkena kanker prostat semakin tinggi.
 

2. Faktor Makanan dan Gaya Hidup


Faktor lain yang meningkatkan risiko kanker prostat pada pria muda adalah gaya hidup yang dijalani. Mereka yang gemar mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh berlebih seperti gorengan, fast food, atau donat memiliki risiko terkena kanker prostat lebih tinggi. Selain itu, pria muda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga berisiko sangat besar terkena kanker prostat.
 
Faktor lain yang menyebabkan pria muda terserang kanker prostat adalah faktor keturunan atau riwayat keluarga. Pria yang berasal dari keturunan dengan riwayat kanker prostat ditenggarai memiliki risiko yang cukup besar untuk terkena kanker prostat.
 
Untuk menghindari terkena kanker prostat di usia muda, pastikan Anda menjalani hidup sehat dengan banyak berolahraga untuk menstabilkan berat badan, kurangi konsumsi makanan mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi, kurangi frekuensi onani dan berhubungan seks sebelum menikah.
 
Dengan menjalankan pola hidup sehat secara rutin, Anda bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat. Baik di usia muda atau saat memasuki usia 50-an nanti. Yuk, jalankan pola hidup sehat mulai saat ini juga.